1 2 3 4 5 2 3 4 5 6 7 8 Cara Otak Mengingat Suatu Hal. | AriWibowoSaputra Blog

Senin, 14 Oktober 2013

Cara Otak Mengingat Suatu Hal.

Kebanyakan orang menganggap bahwa mereka mempunyai ingatan yang kurang baik. Sering kita lupa meletakkan dimana kunci motor atau mobil,atau kita lupa janjian dengan teman atau keluarga. Bahkan ada yang lupa pulang sendirian dari mall dan pasangan kita ketinggalan di mall. Wah yang satu ini bisa berbahaya!

Apakah anda ingat apa yang sedang anda kerjakan pada tanggal 19 April 2013 pada jam 17.00 wib ? anda tidak ingat, bukan ?

Tapi ingatkah anda, di mana anda berada saat menyaksikan peristiwa Bencana Alam. Saya yakin anda ingat itu.

Tapi tenang, jangan terlalu kawatir. Ingatan Anda sebenarnya cukup baik bahkan sangat baik. Hanya belum mengaktifkan otak memori atau Memo Brain' Anda!

Mengapa anda bisa ingat hal itu ? Itu tidak lain adalah cara kerja otak anda dalam mengingat, yaitu asosiasi pikiran. Jadi, tips buat anda pemilik otak yang luar biasa, jika suatu informasi punya asosiasi dengan semakin banyak informasi yang lainnya, maka informasi itu akan lebih mudah untuk diingat atau di-recall.

Otak memegang peranan yang sentral dalam kehidupan manusia termasuk dalam hal mengingat. Otak yang mempunyai fungsi besar dalam mengingat adalah Kortek yakni otak kiri dan kanan dengan jembatan penghubung melalui otak tengah. Jadi otak kita tidak bisa bekerja sendirian saja, misalkan hanya otak tengah saja. Mereka memerlukan kerjasama otak yang harmonis. Semakin harmonis kerjasama otak semakin baik pula kinerjanya termasuk daya ingat atau memorinya.

Inilah beberapa tips praktis dan cara untuk mengaktifkan otak memori dengan prinsip cara kerja otak:
1.    Lakukan untuk setiap aktifitas dalam keadaan tenang dan rilek.
2.    Buatlah ringkasan dengan memberikan tanda untuk hubungan dengan Pancaindra – Emosi - Tindakan, yakni;

a.    Panca Indra (Visual – Audio – Sentuhan - Cita Rasa – Penciuman)
b.    Perasaan/Emosi
c.    Gerak/Tindakan

Contohnya adalah :

  • Jika anda adalah orang yang sering lupa di mana menaruh suatu benda, maka luangkan waktu 1 detik untuk membuat cerita di benak anda dengan cara membuat asosiasi. Misalnya saat meletakkan kunci motor di atas meja kerja, anda bisa membayangkan kunci motor anda sedang menulis di atas meja kerja anda di benak anda. Saya jamin anda akan selalu mengingatnya.

  • Jika anda lupa mengingat nama orang-orang yang telah anda kenal, maka asosiasikan nama orang tersebut dengan ciri khas wajahnya. Atau hubungkan data diri orang tersebut dengan hal-hal yang menarik perhatian anda, misalnya hobi, tempat tinggal, asal daerah, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar