1 2 3 4 5 2 3 4 5 6 7 8 langkah-langkah penelitian | AriWibowoSaputra Blog

Senin, 14 Oktober 2013

langkah-langkah penelitian



Skripsi/Tesis merupakan laporan dari suatu penelitian yang dilakukan sesuai dengan langkah-langkah metode ilmiah yang benar. Pada umumnya langkah-langkah penelitian yang sering dilakukan meliputi:
1.    Merumuskan Masalah. Mengawali kegiatan penelitian mula-mula yang dilakukan ialah merumuskan masalah penelitian yang didefinisikan dengan jelas keluasan dan kedalamannya.
2.    Studi Pustaka. Studi pustaka dilakukan untuk mencari apakah mahasiswa sebelumnya telah meneliti masalah yang sama atau sebaliknya memang belum pernah diteliti. Selain itu juga untuk mengetahui teori-teori yang telah ada sehingga berdasarkan teori tersebut suatu masalah dapat dianalisis untuk dicarikan pemecahannya.
3.    Merumuskan Hipotesis. Hipotesis yang adalah suatu dugaan sementara tentang suatu fenomena tertentu yang akan diselidiki, formulasinya disesuaikan dengan tujuan penelitian.
4.    Mengumpulkan Data. Pengumpulan dan pemilihan data harus menggunakan kaidah-kaidah yang sesuai. Jika data yang diperoleh menggunakan cara yang salah maka akibatnya informasi  yang diterima pun menjadi keliru.
5.    Menganalisis dan Menginterpretasi Data. Data yan telah terkumpul disusun dalam bentuk tabel ataupun grafik supaya memudahkan analisis selanjutnya. Setelah dianalisis maka data diberikan tafsir penjelasannya.
6.    Generalisasi dan Kesimpulan. Setelah dilakukan interprestasi, selanjutnya mahasiswa membuat generalisasi dari hasil penelitiannya dan kemudian membuat kesimpulan berdasarkan hipotesisnya.
7.    Pelaporan. Hasil kerja dari tahapan penelitian di atas selanjutnya dibuat laporan secara tertulis sesuai dengan tata penulisan yang telah ditentukan. Kemudian akan dikaji unuk diputuskan apakah perlu diubah, diterima atau ditolak sebagai sebuah tulisan ilmiah.

0 komentar:

Posting Komentar