Latar
Belakang
Seiring dengan
perubahan paradigma pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar mengajar
di perguruan tinggi tidak hanya ditentukasn oleh factor pengajar(dosen),
melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa.
Proses pemblajaran
harus berpusat pada peserta belajar, pengajar bukan satu-satunya sebagai sumber
belajar melainkan berperan sebagai
fasilitator, dinamitor dalam proses belajar.
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan masalah
diatas dapat diidentifikasikan permasalahan yg berkaitan dengan sumber belajar,
antara lain:
·
Optimalisasi pemanfaatan perpustakaan
sebagai sumber belajar
·
Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar
·
Serta pemanfaatan sumber daya lingkungan
sebagai sumber belajar
Rumusan
Masalah
Untuk memperjelas
permasalahan yang akan diteliti, maka masalah dirumuskan sebagai berikut:
·
Apakah mahasiswa telah memanfaatkan
internet sebagai sumber belajar
·
Alasan apa yg memotivasi mahasiswa untuk
menggunakan internet sebagai sumber belajar
·
Faktor apa saja yang mendukung dan
menghambat mahasiswa untuk memanfaatkan internet
Tujuan
Penelitian
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui:
·
Jumlah mahasiswa yang memanfaatkan
internet sebagai sumber belajar
·
Alasan mahasiswa memanfaatkan internet
·
Faktor yang mendukung dan menghambat
mahasiswa untuk menggunakan internet sebagai sumber belajar
Manfaat
Penelitian
Penelitian ini
diharapkan dapat bermanfaat:
·
Bagi mahasiswa, untuk lebih meningkatkan
pemanfaatkan teknologi internet sebagai sumber belajar, untuk mempercepat masa
studinya.
Metodologi Penelitian
Ø Desain
Penelitian
Penelitian
ini menggunakan dersain penelitian survey, yang dipakai untuk tujuan
eksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang
pemanfaatan internet sebagai sumber belajar bagi mahasiswa.
Ø Teknik
Pengumpulan Data
Teknik
pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuisioner.
Ø Teknik
Analisis Data
Data
yang terkumpul akan dianalisis secara deskriptif dengan tabulasi dan
persentase.
0 komentar:
Posting Komentar